Mengenal 7 Jenis Backlink dalam SEO

Mengenal 7 Jenis Backlink dalam SEO – Untuk para blogger tentu sudah paham benar seberapa pentingnya backlink untuk optimasi SEO offpage pada sebuah website. Backlink merupakan salah 1 faktor penting dalam membantu website atau situs kalian. Backlink yang berkualitas bisa membantu meningkatkan dan atau mempertahankan peringkat website kalian di halaman mesin pencarian Google. Tidak semua backlink dapat bermanfaat untuk website kalian, ketika anda mendapatkan backlink spam yang terjadi malah membuat website kalian akan menurun.

Backlink pada dasarnya terbagi menjadi 2 tipe yaitu dofollow backlink dan nofollow backlink. Namun pada artikel kali ini kita akan lebih membahas tentang Jenis Backlink yang terbagi menjadi beberapa.

Mengenal 7 Jenis Backlink

apa saja sih jenis – jenis backlink yang bisa kalian dapatkan? pada artikel ini kita akan membahas tentang 7 jenis backlink yang biasa digunakan oleh para blogger untuk membantu mengoptimasi website milik mereka.

1. Guestpost Backlink

Backlink Guestpost umumnya terletak dalam artikel pada sebuah website, didalam artikel tersebut terdapat link yang mengarah ke sebuah website. Cara mendapatkan backlink jenis ini bisa dengan bertukar artikel antar pemilik website atau bisa juga dengan membeli jasa guestpost. Semakin tinggi authoriry website biasanya harganya semakin mahal. PBN juga termasuk dalam backlink ini, karena nanti link website kita akan diletakan didalam sebuah artikel.

Baca Juga : Lаngkаh Awаl Belajar SEO untuk Pеmulа

Kekurangan backlink jenis ini lumayan susah kita dapatkan, dan cenderung membutuhkan yang untuk mendapatkannya. Apalagi untuk website yang baru kita buat, cara bertukar artikel bisa dipastikan jarang yang mau karena authority website kita masih kecil.

2. Social Media Backlink

Backlink Social Media adalah backlink yang sangat mudah untuk didapatkan karena kalian hanya perlu membagikan link website pada media sosial yang kalian miliki. Atau kalian bisa juga menaruh link website kalian pada bagian kolom website pada profile sosial media.

Kekurangan backlink ini, Beberapa media sosial menggunakan tag nofollow, sehingga backlink jenis ini kurang efektif digunakan. Namun tidak masalah juga, kalian bisa membagikan link website kalian didalam group atau komen. Jika link yang kalian dirasa menarik oleh para pengguna media sosial tersebut, kesempatan link kalian dibuka juga semakin besar dan tentunya akan mendatangkan trafik pada website kalian.

3. Blog Comment Backlink

Jenis backlink ini memanfaatkan fitur kolom komentar dari  sebuah blog atau website dan menempatkan link website kita pada komentar tersebut. Dahulu cara blogger saling bertukar link dengan istilah blog walking dan menaruh link mereka pada kolom komentar.

Backlink jenis ini sekarang kurang diminati karena menjadi tempat spam backlink. Jika kalian nekat menggunakan backlink ini, ada baiknya jangan langsung mengarahkan ke main site.

4. Social Bookmark Backlink

Social Bookmark sendiri sebenarnya adalah sebuah website untuk menyimpan dan berbagi link website. jenis backlink ini juga paling sering digunakan untuk spam. Beberapa contoh website social bookmark yang berkualitas bagus seperti Pinterest, Reddit dan Dig. Kalian bisa menyimpan dan berbagi link website pada website tersebut.

Baca Juga :

Gratis 100 Dofollow Backlink Social Bookmarking 2022

5. Link Profile Backlink

Backlink jenis ini termasuk mudah didapatkan. Backlink ini bisa kalian dapatkan pada situs media sosial atau forum yang mewajibkan kalian membuat profile. Kemudian, kita mengisi biodata profil kita, termasuk alamat website atau blog yang kita miliki. Alhasil, jadilah backlink website atau blog kita dari link profil yang kita miliki.

6. Document / Image Sharing Backlink

Backlink jenis ini mengharuskan kita untuk mengupload sebuah dokumen atau gambar. Cara mendapatkannya pun kalian harus menempatkan link website kalian didalam dokumen yang akan anda upload. Sedangkan untuk gambar biasanya diletakan pada deskripsi.

7. Blogroll Backlink

Backlink jenis ini sempat tenar pada masanya, para blogger saling bertukar link dan menempatkan link mereka pada sidebar. Namun, sekarang sudah jarang para blogger yang saling bertukar link blogroll. Lebih sering sekarang kita jumpai pada jasa – jasa PBN yang membuka layanan blogroll.

Kesimpulan Jenis Backlink

itulah 7 jenis backlink yang sering digunakan untuk membantu optimasi SEO offpage pada website kalian. Tentunya harus digunakan secara bervariasi agar bisa membantu menaikan atau mempertahakan website kalian pada halaman pencarian Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published.