Daftar SEO Plugin Wordpress Terbaik

Daftar SEO Plugin WordPress Terbaik – Setiap pengelola website harus mengetahui cara membuat konten yang menarik. Konten yang menarik di website tidak pernah lepas dari yang namanya SEO. Jika suatu website tidak menggunakan struktur SEO maka sulit masuk di mesin pencarian. Supaya Anda bisa memberikan traffic yang baik terhadap website diperlukan SEO plugin WordPress terbaik.

Memanfaatkan plugin bisa sangat membantu Anda dalam menyiapkan artikel berbasis SEO WordPress. Semakin tinggi skor yang ditunjukkan pada plugin maka semakin baik untuk membawa website berada di peringkat teratas SERP. Gunakan patokan ini setiap kali publish artikel sehingga hanya yang berkualitas saja yang bisa publish.

Daftar SEO Plugin WordPress Terbaik

Tidak semua plugin yang tersedia di WordPress memiliki kualitas yang baik. Anda harus mencari tahu secara seksama supaya kerja keras dalam membuat konten bisa berbuah baik. Pastikan Anda menggunakan plugin yang terdaftar dalam ulasan ini. Penting untuk menginstal salah satu plugin yang ada di bawah ini.

  1. Yoast
Yoast
Yoast

SEO Plugin WordPress pertama yang punya pengguna sangat banyak di seluruh dunia bernama Yoast. Aplikasinya sampai dengan saat ini sudah digunakan lebih dari 5.000.000 pengguna aktif. Jumlah tersebut sudah pasti akan terus bertambah karena plugin ini terus di-update dan menawarkan fitur-fitur menarik.

Beberapa fiturnya berupa keyword optimization, snippet, readibility check, gutenberg ready, dan update rutin. Fitur keyword optimization berguna untuk proses optimasi halaman sekaligus pos supaya punya judul SEO friendly. Fitur ini juga berpengaruh di bagian metadeskripsi sekaligus metakeyword. Kita juga akan membicarakan tentang fitur Snippet yang berguna sebagai pratinjau agar halaman muncul di mesin pencarian Google.

Kegunaan dari fitur readability check tujuan untuk analisis teks khusus. Proses analisis teks dimaksudkan untuk mempermudah tulisan supaya mudah dibaca. Lalu untuk fitur  Gutenberg ready diartikan sebagai artikel dapat lolos editor klasik maupun Gutenberg. Tersedia juga fitur update rutin yang mana Yoast terus melakukan update sekali dalam 2 minggu sehingga user bisa harus menyesuaikan dengan algoritma Google yang paling baru.

  1. The SEO Framework
The SEO Framework
The SEO Framework

SEO Plugin WordPress yang selanjutnya bernama The SEO framework. Plugin memiliki paket premium tetapi juga menyediakan layanan secara gratis. Versi premium para pengguna dapat memanfaatkan fitur-fiturnya tanpa diselingi dengan iklan. Beberapa fitur-fitur yang berkaitan dengan SEO adalah pendukung mode incognito, integrasi plugin amp, pengaturan SEO lokal, dan pelacakan komentar spam.

Hanya saja tidak semua jenis WordPress cocok menggunakan plugin yang satu ini. Anda perlu memeriksa bagian kompatibilitasnya dahulu sebelum memutuskan untuk install plugin. Kompatibilitasnya harus ada berupa PHP 7.2 atau versi yang lebih atas, WordPress 5.5 atau yang lebih atas, full screen reader accessibility melalui field anchors, dan lain-lain.

Sebagian besar dari para pengguna memberikan review sangat baik terhadap The SEO Framework. Bahkan kebanyakan memberi rating berupa bintang 5 dan hanya 2 reviewer saja membutuhkan bintang 1. Versi terbaru yang sekarang tersedia sudah sampai 4.2.3 yang mana hanya berupa update minor saja dari versi 4.2.2.

  1. All In One SEO Pack
All In One SEO Pack
All In One SEO Pack

Plugin lain yang juga bisa dipakai untuk mengoptimasi website adalah All In One SEO Pack. Jumlah pengguna aktif mencapai 3 juta dan mendapatkan rating 4.5 di WordPress. Beberapa fitur yang ditawarkan berupa integrasi site map beserta Google Analytics, membuat canonical URL, pemberian meta tags secara praktis, dan juga pengaturan khusus guna mengaktifkan atau menonaktifkan suatu fitur.

Masalahnya bagian antarmuka kurang begitu ramah sehingga pengguna harus mencoba memahaminya dahulu dalam waktu lama. Plugin yang satu ini cocok bila digabungkan dengan website yang mengaplikasikan WooCommerce, Google amp, local SEO, dan lain sebagainya. Versi upgrade yang terbaru dari plugin adalah 4.1.8.

Sebagian besar memberikan bintang 5 untuk penggunaan plugin. Halaman interface cukup ramah terhadap para pengguna sehingga bisa memudahkan orang awam. Selama Anda tahu cara menggunakannya maka performa website akan naik dengan baik di mesin pencarian Google.

  1. Broken Link Checker

Plugin SEO tidak hanya berkutat di keyword maupun content. Pada dasarnya nilai dari SEO total bergantung pada semua user yang ada dalam website Anda. Plugin yang satu ini berguna untuk mendeteksi apabila ada gambar yang hilang karena pada dasarnya Google menganggap gambar yang hilang sebagai bentuk kurang profesional dalam mengelola website.

Plugin yang satu ini mampu menampilkan halaman mana saja yang perlu ditambahi dengan gambar dalam bentuk list. Selanjutnya pihak user dapat melakukan edit pada link halaman yang dianggap kurang baik tadi. Jika tidak ingin diedit bisa langsung dihapus saja karena perlu waktu yang lebih singkat untuk membuat nilai keseluruhan SEO di website semakin tinggi.

  1. AddThis

Salah satu hal yang menghalangi peringkat tinggi website adalah bounce rate. Semakin rendah bounce rate dapat diartikan pengunjung website betah berlama-lama dalam website untuk mencari informasi yang berharga yang tersedia di website. Untuk bisa membuat bounce rate menjadi semakin rendah maka Anda memerlukan plugin AddThis.

SEO Plugin WordPress dapat membantu memberikan saran yang berhubungan dengan postingan. Pada dasarnya fitur utama dari plugin ini berupa tombol media sosial tetapi tidak menutup kemungkinan user bisa menambahkan rekomendasi yang berhubungan dengan postingan.

  1. SEO Optimized Image

SEO Plugin WordPress yang satu ini menawarkan fitur menarik yang dapat membantu konten menjadi lebih baik dan menarik pengunjung berdatangan. Bagian deskripsi yang ada digambar mampu menjadi faktor penting untuk bisa tampil di peringkat atas mesin pencarian. Tersedia fitur yang memungkinkan para pengelola website untuk menggantikan gambar lama dengan yang baru hanya dengan alt text plus title tag.

Pada dasarnya cara kerja dari plugin ini tidak memperbanyak entry dalam database. Hal tersebut membuat situs WordPress menjadi tidak berat yang mana tidak akan memperlambat pengaksesan situs. Para penggunanya bisa saja upgrade versi premium untuk bisa mendapatkan dukungan di bagian Featured Images, WooCommerce Product Image, Custom Post Type Image, dan lain-lain.

Para pengguna pluginnya juga berasal dari seluruh dunia dan memiliki penerjemahan ke dalam 17 bahasa. Versi plugin SEO Optimized Image terbaru sudah sampai 1.9 sehingga plugin lebih mampu menyesuaikan algoritma mesin pencarian Google.

Kesimpulan 6 Daftar SEO Plugin WordPress Terbaik

Apabila Anda serius untuk meningkatkan performa website maka usahakan menggunakan salah satu SEO plugin WordPress terbaik ada dalam daftar ini. Jika memungkinkan pilih yang paling banyak pengguna aktif. Bagi Anda yang punya WordPress dengan kompatibilitas tidak cocok dengan Yoast dapat memilih untuk menggunakan plugin lain yang terdaftar dalam ulasan ini.

Asalkan Anda mendapatkan skor tinggi dalam bidang SEO, besar kemungkinan performa website akan meningkat. Berikan arahan kepada para user lainnya untuk selalu berpatokan kepada SEO dan membuat artikel berkualitas lengkap dengan gambar. Jika nilai keseluruhan SEO tinggi maka besar harapan untuk bisa muncul di halaman teratas pada mesin pencarian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.